Begini Cara Mudah Mengatasi Hama Rayap

Rayap adalah hama yang sering merusak kayu bangunan dan perabotan Kita. Keberadaannya selalu tidak diinginkan dan jika menyadari bangunan diserang rayap, sebaiknya Anda segera mencari cara untuk membasmi koloni rayap ini. Tentu saja agar rumah Anda aman dan nyaman. Rumah yang digerogoti rayap, selain hilang keindahannya juga sangat berbahaya mengingat rumah adalah tempat di mana Kita berlindung.

Jika rumah diserang rayap sudah tentu bangunan akan menjadi semakin rapuh dan bisa berbahaya untuk ditinggali, kawatir sewaktu-waktu rubuh dan menimpa keluarga. Jadi,  bagaimana mengatasi hama rayap yang semakin gencar menyerang rumah Kita? panggil jasa anti rayap ?

Ada beberapa cara praktis dan murah yang bisa Anda lakukan untuk mengusir keberadaan rayap. Cara ini bisa Anda lakukan untuk rayap yang menyerang plafon dan bagian rumah lainnya, simak di bawah ini:

  1. Menggunakan Air Cucian Beras

Air cucian beras jangan langsung dibuang ya, ternyata air cucian beras bisa Anda manfaatkan sebagai pengusir rayap yang paling praktis dan murah, bahkan Anda tidak perlu membayar untuk mendapatkannya.

Caranya, Anda bisa memasukkannya ke dalam botol lalu menyemprotkannya atau sekadar memercikannya ke arah sarang rayap secara rutin.

  1. Menggunakan Garam

Selain air cucian beras, Anda juga bisa menggunakan garam untuk mengusir rayap. Mengusir rayap menggunakan garam ada tiga cara yang berbeda, Anda bisa langsung menaburkan garam tersebut ke arah sarangnya, atau Anda juga bisa melarutkan garam ke air lalu menyemprotkannya ke sarang. Dan cara yang ketiga adalah melarutkan garam dengan tembakau, sebelumnya Anda harus merendamnya selama satu malam untuk hasil yang maksimal.

Cara ini jauh lebih mudah dan yang pasti cara ini gratis tidak mengeluarkan uang, hanya saja Anda harus menggunakan garam di dapur. Garam memiliki efek panas dan sensasi terbakar jika terkena kulit rayap, ini karena rayap memiliki kulit yang sangat tipis dan hanya dilindungi oleh bulu bulu halus.

  1. Menggunakan Air Kapur Sirih

Selain garam, air kapur sirih juga memiliki efek yang sama yaitu sensasi panas dan rasa terbakar jika terkena kulit rayap yang tipis. Jadi, menggunakan air kapur sirih juga cara yang sangat tepat karena sangat efektif.

Anda hanya perlu menyemprotkan air kapur sirih tadi ke sarang rayap dan tunggulah beberapa saat karena rayap akan langsung mati dan lemas setelah disemprot air kapur sirih.

  1. Menggunakan Minyak Tanah

Minyak tanah juga bisa Anda  gunakan untuk membasmi rayap. Namun keberadaan minyak tanah saat ini sudah mulai menurun. Sehingga Anda hanya akan menemukan sedikit keberadaan minyak tanah.

Anda bisa langsung menyemprotkan minyak tanah ke arah sarang rayap, namun Anda perlu berhati-hati karena minyak tanah ini mudah terbakar, sehingga perlu kehati-hatian saat menggunakannya.

  1. Menggunakan Tembakau

Tembakau adalah solusi terakhir yang bisa Anda gunakan untuk membasmi rayap menggunakan cara yang alami. Anda bisa langsung merendam tembakau selama kurang lebih semalaman. Zat yang terkandung dalam tembakau akan lebih banyak keluar dan zat ini bisa melumpuhkan rayap seketika.

Setelah merendam tembakau semalaman, paginya Anda sudah bisa menggunakannya untuk membasmi rayap. Cukup dengan menyemprotkannya ke sarang rayap. Mudah bukan?

Itulah tadi beberapa cara efektif untuk membasmi rayap menggunakan cara yang alami. Banyak cara mudah dalam mengatasi hama rayap, dan sebagian besar bisa Anda temukan di internet. Ini sangat membantu jika Anda tidak bisa menggunakan jasa anti rayap. Semoga bermanfaat dan segera terbebas dari masalah rayap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *